SHAUM DAN BERBUKALAH, TIDUR DAN BANGUNLAH


Imam Abu Zakariyya Yahya ibn Syarof An-Nawawi ad-Dimasyqa (631-676 H) Rahimahullah, pada kitab Riyaadlush Shaalihiin dalam Bab fii al-Iqtishaad fii al-‘Ibaadah (Bab Berlaku Sedang [Tidak Berlebihan] dalam Beribadah) telah menulis sebelas hadis, dua diantaranya yang penulis beri judul dalam makalah ini SHAUM DAN BERBUKALAH, TIDUR DAN BANGUNLAH adalah sebagai berikut:

Hadis Pertama [Riyadlush Shalihin],
(150)- وعن أَبي محمد عبدِ اللهِ بنِ عَمْرو بن العاصِ رضي الله عنهما ، قَالَ : أُخْبرَ النَّبيُّ - صلى الله عليه وسلم - أنِّي أقُولُ : وَاللهِ لأَصُومَنَّ النَّهَارَ ، وَلأَقُومَنَّ اللَّيلَ مَا عِشْتُ . فَقَالَ رسولُ الله - صلى الله عليه وسلم - : (( أنتَ الَّذِي تَقُولُ ذلِكَ ؟ )) فَقُلْتُ لَهُ : قَدْ قُلْتُهُ بأبي أنْتَ وأمِّي يَا رسولَ الله . قَالَ : (( فَإِنَّكَ لاَ تَسْتَطِيعُ ذلِكَ فَصُمْ وَأَفْطِرْ ، وَنَمْ وَقُمْ ، وَصُمْ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاثةَ أيَّامٍ ، فإنَّ الحَسَنَةَ بِعَشْرِ أمْثَالِهَا وَذَلكَ مِثلُ صِيامِ الدَّهْرِ )) قُلْتُ : فَإِنِّي أُطيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذلِكَ ، قَالَ : (( فَصُمْ يَوماً وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ )) قُلْتُ : فَإنِّي أُطِيقُ أفضَلَ مِنْ ذلِكَ ، قَالَ : (( فَصُمْ يَوماً وَأفْطِرْ يَوماً فَذلِكَ صِيَامُ دَاوُد - صلى الله عليه وسلم - ، وَهُوَ أعْدَلُ الصيامِ )) .
150. Dari Abu Muhammad, yaitu Abdullah bin al-'Ash radhiallahu 'anhuma, katanya: "Nabi s.a.w. diberitahu bahwasanya saya berkata: Demi Allah, niscayalah saya akan shaum pada pagi hari dan berdiri shalat di waktu malam, selama hidupku." Rasulullah s.a.w. lalu bersabda: "Apakah engkau yang berkata sedemikian itu?" Saya menjawab kepadanya: "Sungguh saya berkata demikian itu, bi-abi anta wa ummi, ya Rasulullah." Beliau bersabda: "Sesungguhnya engkau tidak kuat melaksanakan itu, maka dari itu shaumlah, berbukalah, tidurlah dan juga berdirilah (qiyamul lail). Dalam sebulan itu berpuasalah tiga hari, sebab sesungguhnya kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Jadi tiga hari sebulan itu sama dengan shaum setahun penuh." Saya berkata: "Saya masih kuat beramal yang lebih utama dari itu." Beliau s.a.w, bersabda: "Kalau begitu shaumlah sehari dan berbukalah dua hari." Saya berkata lagi: "Saya masih kuat beramal yang lebih utama dari itu." Beliau s.a.w. bersabda: "Kalau begitu shaumlah sehari dan berbukalah sehari pula. Yang sedemikian itu adalah shaumnya Nabi Dawud a.s. dan inilah sesedang-sedangnya shaum."

وفي رواية : (( هُوَ أفْضَلُ الصِّيامِ )) فَقُلْتُ : فَإِنِّي أُطيقُ أفْضَلَ مِنْ ذلِكَ ، فَقَالَ رسولُ الله - صلى الله عليه وسلم - : (( لا أفضَلَ مِنْ ذلِكَ )) ، وَلأنْ أكُونَ قَبِلْتُ الثَّلاثَةَ الأَيّامِ الَّتي قَالَ رَسُول الله - صلى الله عليه وسلم - أحَبُّ إليَّ مِنْ أهْلي وَمَالي .
Dalam riwayat lain disebutkan: "Yang sedemikian itu adalah seutama-utamanya shaum." Saya berkata pula: "Saya masih kuat beramal yang lebih utama dari itu." Rasulullah s.a.w. lalu bersabda: "Tidak ada yang lebih utama daripada shaum (seperti Nabi Dawud a.s.) itu." Sebenamya andaikata saya menerima saja tiga hari yang disabdakan oleh Rasulullah s.a.w. itu adalah lebih kucintai daripada seluruh keluarga dan hartaku."

وفي رواية : (( أَلَمْ أُخْبَرْ أنَّكَ تَصُومُ النَّهَارَ وتَقُومُ اللَّيلَ ؟ )) قُلْتُ : بَلَى ، يَا رَسُول الله ، قَالَ : (( فَلاَ تَفْعَلْ : صُمْ وَأَفْطِرْ ، وَنَمْ وَقُمْ؛ فإنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقّاً ، وَإِنَّ لِعَيْنَيكَ عَلَيْكَ حَقّاً ، وَإِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقّاً ، وَإِنَّ لِزَوْرِكَ عَلَيْكَ حَقّاً ، وَإنَّ بِحَسْبِكَ أنْ تَصُومَ في كُلِّ شَهْرٍ ثَلاثَةَ أيَّامٍ ، فإنَّ لَكَ بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أمْثَالِهَا ، فَإِنَّ ذلِكَ صِيَامُ الدَّهْر )) فَشَدَّدْتُ فَشُدِّدَ عَلَيَّ ، قُلْتُ : يَا رَسُول الله ، إنِّي أجِدُ قُوَّةً ، قَالَ : (( صُمْ صِيَامَ نَبيِّ الله دَاوُد وَلاَ تَزد عَلَيهِ )) قُلْتُ : وَمَا كَانَ صِيَامُ دَاوُد ؟ قَالَ : (( نِصْفُ الدَّهْرِ )) فَكَانَ عَبدُ الله يقول بَعدَمَا كَبِرَ : يَا لَيتَنِي قَبِلْتُ رُخْصَة رَسُول الله - صلى الله عليه وسلم - .
Dalam riwayat lain disebutkan demikian: Nabi s.a.w. bersabda: "Bukankah saya telah diberitahu bahwasanya engkau shaum pada siang hari dan shalat sunnah setiap malamnya?" Saya menjawab: "Benar, ya
Rasulullah."
Beliau lalu bersabda: "Jangan mengerjakan seperti itu. Shaumlah dan berbukalah, tidurlah dan bangunlah, karena sesungguhnya untuk tubuhmu itu ada hak atas dirimu, kedua matamu pun ada haknya atas dirimu, isterimu juga ada hak atasmu, untuk tamumu pun ada hak atasmu. Sebenamya sudah cukuplah jikalau untuk setiap bulan itu engkau shaum sebanyak tiga hari saja, sebab sesungguhnya setiap kebaikan itu diberi pahala dengan sepuluh kali lipatnya. Jadi shaum tiga hari setiap bulan itu sama halnya dengan shaum setahun penuh." Saya (Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash) mengeras-ngeraskan sendiri lalu diperkeraskanlah atas diriku. Saya berkata: "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya masih mempunyai kekuatan untuk lebih dari itu." Beliau s.a.w. lalu bersabda: "Kalau begitu shaumlah seperti shaumnya Nabiullah Dawud dan jangan engkau tambahkan lagi dari itu." Saya bertanya: "Bagaimanakah shaumnya Dawud a.s.?" Beliau s.a.w. bersabda: "Ia shaum setengah tahun." Abdullah, setelah tuanya berkata: "Alangkah baiknya jikalau dahulu saya terima saja keringanan yang diberikan oleh Rasulullah s.a.w."

وفي رواية : (( أَلَمْ أُخْبَرْ أَنَّكَ تَصُومُ الدَّهرَ ، وَتَقْرَأُ القُرآنَ كُلَّ لَيْلَة ؟ )) فقلت : بَلَى ، يَا رَسُول الله ، وَلَمْ أُرِدْ بذلِكَ إلاَّ الخَيرَ ، قَالَ : (( فَصُمْ صَومَ نَبيِّ اللهِ دَاوُد ، فَإنَّهُ كَانَ أعْبَدَ النَّاسِ ، وَاقْرَأ القُرْآنَ في كُلِّ شَهْر )) قُلْتُ : يَا نَبيَّ اللهِ ، إنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذلِكَ ؟ قَالَ : (( فاقرأه في كل عشرين )) قُلْتُ : يَا نبي الله ، إني أطيق أفضل من ذلِكَ ؟ قَالَ : (( فَاقْرَأهُ في كُلِّ عَشْر )) قُلْتُ : يَا نبي اللهِ، إنِّي أُطيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذلِكَ ؟ قَالَ : (( فاقْرَأهُ في كُلِّ سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذلِكَ )) فشدَّدْتُ فَشُدِّدَ عَلَيَّ وَقالَ لي النَّبيّ - صلى الله عليه وسلم - : (( إنَّكَ لا تَدرِي لَعَلَّكَ يَطُولُ بِكَ عُمُرٌ )) قَالَ : فَصِرْتُ إِلَى الَّذِي قَالَ لي النَّبيُّ - صلى الله عليه وسلم - . فَلَمَّا كَبِرْتُ وَدِدْتُ أنِّي كُنْتُ قَبِلتُ رُخْصَةَ نَبيِّ الله - صلى الله عليه وسلم - .
Dalam riwayat lain lagi disebutkan: Nabi s.a.w. bersabda: "Bukankah saya telah diberitahu bahwasanya engkau berpuasa setahun penuh dan mengkhatamkan bacaan al-Quran sekali setiap malam?" Saya menjawab: "Benar demikian ya Rasulullah dan saya tidak menghendaki dengan amalan yang sedemikian itu melainkan mengharapkan kebaikan belaka." Beliau s.a.w. lalu bersabda: "Shaumlah seperti shaumnya Nabiullah Dawud a.s., sebab sesungguhnya ia adalah setaat-taat manusia perihal ibadahnya. Selain itu khatamkanlah bacaan al Quran itu sekali dalam setiap bulan." Saya berkata: "Ya Nabiullah, saya masih kuat beramal yang lebih utama dari itu." Beliau s.a.w. bersabda: "Kalau begitu khatamkanlah itu sekali setiap dua puluh hari." Saya berkata: "Ya Nabiullah, sebenarnya saya masih kuat yang lebih utama dari itu." Beliau s.a.w. bersabda: "Kalau begitu khatamkanlah itu sekali dalam setiap sepuluh hari." Saya berkata: "Ya Nabiullah, saya masih kuat beramal yang lebih utama dari itu." Beliau s.a.w. bersabda: "Kalau begitu, khatamkan sajalah al-Quran itu sekali dalam seminggu dan jangan ditambah lagi lebih dari itu." jadi saya memperberatkan diri sendiri lalu diperberatkanlah amalan itu atas diriku. Nabi pada saat itu bersabda: "Sesungguhnya engkau tidak tahu, barangkali engkau akan diberi usia yang panjang." Maka jadilah saya sampai pada usia tua sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi s.a.w. Setelah saya berusia tua, saya ingin sekali kalau dahulunya saya menerima saja keringanan yang diberikan oleh Nabiullah s.a.w.

وفي رواية : (( وَإِنَّ لِوَلَدِكَ عَلَيْكَ حَقّاً )) .
Dalam riwayat lain disebutkan: "Sesungguhnya untuk anakmu pun ada hak atas dirimu."

وفي رواية : (( لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ )) ثلاثاً .
Juga dalam riwayat lain disebutkan: "Tidak dibenarkanlah seseorang yang berpuasa terus sepanjang tahun." Ini disabdakan oleh beliau s.a.w. sampai tiga kali.

وفي رواية : (( أَحَبُّ الصِيَامِ إِلَى اللهِ تَعَالَى صِيَامُ دَاوُد ، وَأَحَبُّ الصَّلاةِ إِلَى اللهِ تَعَالَى صَلاةُ دَاوُدَ : كَانَ ينام نصف الليل ، ويقوم ثلثه، وينام سدسه ، وكان يصوم يوماً ويفطر يوماً ، وَلاَ يَفِرُّ إِذَا لاقَى )) .
Selain itu dalam riwayat lain disebutkan demikian: "Shaum yang amat tercinta di sisi Allah adalah shaumnya Nabi Dawud, sedang shalat yang amat tercinta di sisi Allah juga shalatnya Nabi Dawud. Ia tidur separuh malam, lalu bangun sepertiga malam, kemudian tidur lagi seperenam malam. Ia shaum sehari dan berbuka sehari. Ia tidak akan lari jikalau menemui (berhadapan dengan) musuhnya.”

وفي رواية قال : (( أنْكَحَني أَبي امرَأةً ذَاتَ حَسَبٍ وَكَانَ يَتَعَاهَدُ كنَّتَهُ - - أي : امْرَأَةَ وَلَدِهِ - فَيَسْأَلُهَا عَنْ بَعْلِهَا . فَتقُولُ لَهُ : نِعْمَ الرَّجُلُ مِنْ رَجُلٍ لَمْ يَطَأْ لَنَا فِرَاشاً ، وَلَمْ يُفَتِّشْ لَنَا كَنَفاً مُنْذُ أتَيْنَاهُ . فَلَمَّا طَالَ ذلِكَ عَلَيهِ ذَكَرَ ذلك للنَّبيِّ - صلى الله عليه وسلم - ، فَقَالَ: ((القِنِي بِهِ)) فَلَقيتُهُ بَعد ذلك ، فَقَالَ : (( كَيْفَ تَصُومُ ؟ )) قُلْتُ : كُلَّ يَومٍ ، قَالَ : (( وَكَيْفَ تَخْتِمُ ؟ )) قُلْتُ : كُلَّ لَيْلَةٍ ، وَذَكَرَ نَحْوَ مَا سَبَقَ ، وَكَانَ يَقْرَأُ عَلَى بَعْضِ أهْلِهِ السُّبُعَ الَّذِي يَقْرَؤُهُ ، يَعْرِضُهُ مِنَ النَّهَارِ ليَكُونَ أخفّ عَلَيهِ باللَّيلِ ، وَإِذَا أَرَادَ أنْ يَتَقَوَّى أفْطَرَ أيَّاماً وَأحْصَى وَصَامَ مِثْلَهُنَّ كرَاهِيَةَ أنْ يَترُكَ شَيئاً فَارَقَ عَلَيهِ النَّبيَّ - صلى الله عليه وسلم - .
Ada pula riwayat lain yang menyebutkan demikian: "Ia berkata: Ayahku mengawinkan saya dengan seorang wanita yang memiliki keturunan baik. Ayah membuat janji dengan menantunya (wanita itu) yakni isteri anaknya, untuk menanyakan pada wanita perihal keadaan suaminya. Setelah ditanya, isterinya itu berkata: Sebaik-baik lelaki ialah suamiku itu, ia tidak pernah menginjak hamparan kita dan tidak pernah memeriksa tabir kita (maksudnya tidak pernah berkumpul untuk menyetubuhi isterinya) sejak kita datang padanya." Setelah peristiwa itu berjalan lama, maka ayahnya memberitahukan hal tersebut kepada Nabi s.a.w., lalu beliau bersabda kepada ayahnya: "Pertemukanlah saya dengan lelaki itu." Saya menemui Nabi s.a.w. sesudah diadukan oleh ayahku itu, beliau s.a.w. bertanya: "Bagaimanakah caranya engkau berpuasa?" Saya menjawab: "Saya berpuasa tiap hari." Beliau s.a.w. bertanya: "Bagaimanakah caranya engkau mengkhatamkan al-Quran?" Saya menjawab: "Setiap malam saya khatamkan sekali." Seterusnya orang itu menyebutkan sebagaimana cerita yang sebelumnya. Ia menghabiskan sebagian bacaan al-Quran itu atas istrinya sebanyak sepertujuh bagian, yang dibacanya itu dirampungkannya di waktu siang agar lebih ringan untuk apa yang akan dibacanya di waktu malamnya. Jikalau ia hendak memperkuatkan dirinya, ia berbuka selama beberapa hari dan dihitunglah jumlah hari berbukanya itu kemudian shaum sebanyak hari di atas itu pula. Sebabnya ia melakukan demikian, karena ia tidak senang kalau meninggalkan sesuatu sejak ia berpisah dengan Nabi s.a.w.

كل هذِهِ الرواياتِ صحيحةٌ ، مُعظمُها في الصحيحين ، وقليل مِنْهَا في أحدِهِما .
Semua riwayat di atas adalah shahih, sebagian besar dari shahih Bukhari dan shahih Muslim dan hanya sedikit saja yang tertera dalam salah satu kedua kitab shahih itu.

Takhrij Al-Hadits

1.       Bukhari, Shahih Al-Bukhari: Kitab ash-Shaum: Bab Shaum ad-Dahr (Shaum setahun penuh): I: 412: 1976; Kitab ash-Shaum: Bab Haqqi al-Ahli fii ash-Shaum (Hak keluarga dalam -pelaksanaan- shaum): I: 412: 1977; Kitab ash-Shaum: Bab Shaum yaum wa ifthar yaum (Shaum sehari dan berbuka sehari): I: 412: 1978; Kitab ash-Shaum: Bab Shaum Dawud ‘Alaihis Salam: I: 412: 1979; Kitab at-Tahajjud: Bab Man naama ‘inda as-sahar (Tidur ketika waktu sahur): I: 245: 1131, hadis nomor 1131 ini memiliki athrof (-hadis hadis lain- yang semisal) yaitu nomor 1152, 1153, 1974, 1975, 1976, 1977, 1978, 1979, 1980, 3418, 3419, 3420, 5052, 5053, 5054, 5199, 6134, dan 6277 masing-masing pada Kitab dan Bab yang berbeda-beda. (Beirut: Dar el-Fikr, 2006)
2.       Muslim: Kitab ash-Shiyam: Bab an-Nahy ‘an shaum ad-dahr li man tadlorroro bihi au fawwata bihi haqqon au lam yufthir al-‘idain wa at-tasyriq wa bayan tafdhil shaum yaum wa ifthor yaum (Larangan shaum setahun penuh bagi yang terbebani dengannya atau disebabkannya menjadi terbengkalai suatu hak -kewajiban-, atau -larangan juga bagi- yang tidak berbuka pada dua hari raya dan hari-hari tasyriq, serta penjelasan -tentang- keutamaan shaum sehari dan berbuka sehari): IV: 33-34: 1159; hadis ini diriwayatkan pula pada Musnad Ahmad (2/ 188, 198). (Shahih Muslim bi Syarh An-Nawawi, Kairo: Dar Ibn Jauzi, cet ke-1, 2011)
3.      An-Nasai, Sunan An-Nasai: Kitab ash-Shiyam: Bab Shaum yaum wa ifthar yaum wa dzakara ikhtilaf alfaadz an-naaqiliin fii dzaalika li khabar ‘Abdillah ibn ‘Amr fiihi (Shaum sehari dan berbuka sehari, serta penjelasan tentang perbedaan lafadz para penukil terhadap khabar dari ‘Abdullah ibn ‘Amr tentang hal tersebut): 350: 2394. (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2015)


Syarah Al-Hadits
(قال: فإنك لا تستطيع ذلك). قال الحافظ العسقلاني: يحتمل أن يريد لا تطيقه في الحالة الراهنة لما علمه من أنه يتكلف ذلك ويدخل به على نفسه المشقة ويقوته به ما هو أهم منه، ويحتمل أنه يريد لا تطيقه في المستقبل لما سيأتي أنه بعد أن كبر وعجز قال: يا ليتني قبلت رخصة النبي ، فكره أن يوظف على نفسه شيئاً من العبادة ثم يعجز عنه فيتركه لما تقرّر من ذم ذلك
(Beliau bersabda: "Sesungguhnya engkau tidak kuat melaksanakan itu). Al-Hafidz Al-‘Asqalaniy menjelaskan: Nabi Saw. mungkin tidak ingin ‘Abdullah ibn ‘Amr ra. ada dalam situasi saat itu, karena beliau Saw. tahu bahwa dia akan mampu untuk itu (dan) namun dirinya -suatu saat- akan memasuki -masa masa- kesulitan. Nabi Saw. pun menekankan kepadanya dengan apa yang lebih penting daripada hal -yang akan dilaksanakannya- itu. Nabi Saw. pun mungkin tidak ingin dia di masa depan untuk apa yang akan datang setelah dia tumbuh dan tidak mampu, dia berkata: Saya berharap saya telah menerima rukhsoh (keringanan) dari Nabi. Pemikirannya ‘Abdullah ibn ‘Amr adalah ia hendak membebankan kepada dirinya suatu ibadah namun kemudian dia tidak dapat melakukannya, maka ia pun meninggalkannya ketika ia memutuskan adanya fitnah dari perbuatannya tersebut. (Muhammad Ibn ‘Allaan Ash-Shiddiiqi, Daliil al-Faalihiin li Thuruq Riyadl ash-Shalihin, I: 339)

Hadis Kedua [Riyadlush Shalihin],
(152)- وعنِ ابن عباس رضي الله عنهما ، قَالَ : بينما النَّبيُّ - صلى الله عليه وسلم - يخطب إِذَا هُوَ برجلٍ قائم فسأل عَنْهُ ، فقالوا : أَبُو إسْرَائيلَ نَذَرَ أنْ يَقُومَ في الشَّمْسِ وَلاَ يَقْعُدَ ، وَلاَ يَسْتَظِل ، وَلاَ يَتَكَلَّمَ ، وَيَصُومَ ، فَقَالَ النَّبيّ - صلى الله عليه وسلم - : (( مُرُوهُ ، فَلْيَتَكَلَّمْ ، وَلْيَسْتَظِلَّ ، وَلْيَقْعُدْ ، وَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ )) رواه البخاري .
152. Dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma, katanya: "Pada suatu ketika Nabi s.a.w. berkhutbah, tiba-tiba ada seorang lelaki yang berdiri lalu beliau bertanya kepadanya. "Orang-orang (para sahabat) berkata: "Dia adalah Abu Israil bernazar hendak berdiri di terik matahari, tidak akan duduk-duduk, tidak akan bernaung, tidak akan berbicara dan tetap akan shaum." Nabi s.a.w. lalu bersabda: "Perintahkan padanya, supaya ia suka berbicara, bernaung, duduk-duduk dan juga supaya ia meneruskan shaumnya." (Riwayat Bukhari)

Takhrij Al-Hadits

1.       Bukhari, Shahih Al-Bukhari: Kitab al-Ayman wa an-Nudzuur (Sumpah-sumpah dan nadzar-nadzar): Bab an-Nadzr fiimaa laa yamliku wa fii ma’shiyah (Nazar dalam sesuatu yang tidak mampu dan dalam maksiat): IV: 180: 6704. (Beirut: Dar el-Fikr, 2006)
2.       Abu Dawud, Sunan Abi Dawud: Kitab al-Ayman wa an-Nudzuur (Sumpah-sumpah dan nadzar-nadzar): Bab man ra-aa ‘alaihi kaffaarah idzaa kaana fii ma’shiyah (Orang yang melihat kemestian baginya untuk -melaksanakan- kifarat, apabila keadaan -sumpah atau nadzarnya- dalam hal maksiat): 441: 3300. (Kairo: Ad-Dar al-‘Aalamiyyah, cet ke-1, 2017)
3.      Ibnu Majah, Sunan Ibn Majah: Kitab al-Kaffaaraat (Kifarat-kifarat): Bab man kholatho fii nadzrihi thoo’ata bi ma’shiyatin (Orang yang mencampurkan ketaatan dengan kemaksiatan di dalam nadzarnya): 238: 2136. (Kairo: Ad-Dar al-‘Aalamiyyah, cet ke-1, 2017)


by Bidang Pendidikan PC Pemuda Persis Pangalengan.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama